Penulisan makalah yang baik, tidak akan terlepas dari sistematika penulisan makalah, sehingga pembaca enak membacanya. Disini ditekankan bahwa pembaca adalah khalayak umum, sehingga perlu adanya sub bab pengertian yang akan menjelaskan tentang peristilahan yang khalayak umum kurang memahaminya.
Sistematika ini ditetapkan berdasarklan berbagai pengalaman yang diperoleh penulis, mulai dari Divlat PT. Telkom, latihan presentasi dari Dale Carnegie, Meskipun yang coba disampaikan kepada siswa belum optimal dan kami terus mengkajinya demi perbaikan di masa mendatang.
Sistematika tersebut adalah :
Lembar Judul
Ringkasan Eksekutif
Lembar Persetujuan
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
I. Pendahuluan
A. Latarbelakang
B. Rumusan Permasalahan
C. Batasan Permasalahan
II. Tujuan Penulisan
A. Alasan Judul Diangkat
B. Tujuan
III. Metodologi
A. Cara Pengumpulan Data
A.1. Data Primer
A.2. Data Sekunder
B. Cara Pengolahan Data
B.1. Worksheet Biasa
B.2. Smart Draw
B.3. SPSS-15
B.4. Minitab-15
C. Bahan dan Alat
C.1. Bahan
C.2. Alat
IV. Tinjauan Studi, Tinjauan Pustaka
A. Tinjauan Studi
B. Tinjauan Pustaka
V. Analisa Data dan Pembahasan
A. Analisa Data
B. Pembahasan
VI. Kesimpulan
VII. Saran dan Tindaklanjut
A. Saran Strategis
B. Tindaklanjut
Daftar Pustaka
Lampiran-lampiran
Pada lampiran, dapat dimasukkan informasi pendukung (bukan peraturan, atau SK) disamping :
Lembar Persetujuan Judul dari pemateri
Lembar Kontrak Bimbingan (awal)
Lembar Bukan Plagiat (Pernyataan Siswa)
Lembar Pengesahan dari Pembimbing
Adanya penekanan kepada metodologi, diharapkan siswa memahami bagaimana proses pengumpulan dan pengolahan data dan diharapkan tidak berupa wacana saja. Hal ini sudah tercermin dari pola pikir yang disampaikan pada saat presentasi judul (sebagai proposal yang bersangkutan). Meskipun sebuah tulisan bisa saja kualitatif ataupun kuantitatif akan tetapi makalah yang diharapkan benar-benar memenuhi ketentuan K3AB dan mampu meyakinkan pembacanya dengan DISATE (demonstration, incident, statistic, analogy, testimony dan evidence). Sehingga mereka menjadi seorang pemimpin yang kompeten dibidangnya dan memiliki kredibilitas, tidak sekedar "asbun" saja.
Pusdiklat SDM Perum Perhutani terus berusaha mengkaji dan menyempurnakan, baik dalam hal materi pembelajaran dan khususnya pembuatan makalah ini. Sehingga missi ke-empat dapat terwujud.
Sehingga disamping materi tentang penulisan makalah kepada mereka juga disampaikan teknik presentasi. Penulis juga berpikir perlunya pengenalan software pengolah data, sehingga mereka lebih mantap nantinya.
Kemudian adanya pembedaan tinjauan studi dan tinjauan pustaka, karena apabila merupakan hasil penelitian sebelumnya atau jurnal ilmiah, maka masuknya kedalam tinjauan studi. Akan tetapi bila diambil dari pendapat seseorang dari text book, maka dinamakan dengan tinjauan pustaka.
Sedangkan tata cara penulisan daftar pustaka dengan mengacu kepada yang umum, yakni menggunakan sistem harvard.
Sedangkan pematerinya merupakan tim, dengan koordinator tim adalah penulis sendiri, dengan anggota; Neneng Sri Sulastri (sedang mengambil S-2 komunikasi sosial), Ir. Agus Marsudiono, MM, Ir. Dedi Heryadi Mawardhana, Shanty Monica, SS, dan Ayu Astuti, SH. MHum (terkadang).
Jadi itulah materi penulisan makalah berikut teknik presentasi, yang kebetulan penulis adalah langsung sebagai pemateri-nya. Penulisan makalah ini juga sudah merupakan kesepakatan, baik dari segenap manajemen dan widyaiswara dari Pusdiklat SDM, Madiun.Demikianlah yang dapat disampaikan, dan kami selalu mengharapkan masukkannya terutama dari "user" terhadap sistematika penulisan makalah tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar